Alhamdulillah, usiaku 7 bulan

(Diary Hana Shofia)

Bulan ini usianya genap 7 bulan. Sejak usia  6 bulan Shofia sudah mulai makan MPASI (makanan pendamping asi) alhamdulillah shofia suka. Meski pun ada kalanya shofia kurang mood untuk makan dan hanya masuk beberapa suap, gak papa, toh orang dewasa sekalipun terkadang kurang berselera untuk makan, bukan?. Untuk menu MPASI, Shofia akan lahap jika dalam menunya ada tahu ataupun keju, persis seperti abahnya. Oke, she is daddy’s little girl.

Satu hal yang membuat mata seorang ibu berbinar adalah menyaksikan perkembangan buah hatinya dari waktu ke waktu, memperhatikan semua proses belajar si kecil yang tak jarang menghadirkan genangan air mata di pelupuk mata, penuh haru. Bayi mungil yang rasanya baru terlahir kemarin pagi saat ini sudah dapat melakukan banyak hal. Ah, betapa momen membersamai anak begitu cepat berlalu.

Di usianya yang genap 6,5 bulan, shofia demam 2 hari yang membuatnya tak nafsu makan, kehilangan keceriaannya, hanya akan tertidur jika ia dalam gendongan bunda atau abah. Khawatir? Tentu saja iya, sangat khawatir. Apalagi di masa pandemi seperti ini. Alhamdulillah, setelah 2 hari kondisinya membaik dan shofia sudah ceria lagi yang disusul dengan tumbuhnya gigi pertamanya yaitu gigi seri bawah sebelah kanan dan seminggu kemudian menyusul pula gigi kedua disampingnya. Alhamdulillah.

Bulan ini, setelah berbulan bulan shofia menyusuri rumah dengan menggulingkan badannya akhirnya ia mencoba menarik badannya maju ke depan saat ingin meraih sesuatu, ya merayap. Si bayi mungil ini sudah mengerti konsep bermain ciluk ba, dan akan tertawa menunjukkan 2 gigi nya saat diajak bermain. Ia mulai pandai bertepuk tangan, juka tepuk kaki. Hehe.

Sepekan terakhir Shofia belajar menggunakan clodi (cloth diapers/popok kain), selain dapat menghemat pengeluaran diapers untuk popok sekali pakai tentunya hal ini lebih ramah lingkungan dengan mengurangi sampah popok sekali pakai yang tentunya sudah menjadi rahasia umum bahwa sampah popok sekali pakai itu baru bisa terurai oleh bumi bertahun tahun lamanya. Alhamdulillah, perjalanan nya berclodi tidak begitu banyak drama, tidak ada ruam dan hanya sesekali bocor samping. Ohiya, cuaca di bulan ini juga sedang banyak hujan nya, jadi butuh waktu lebih lama untuk menjemur clodi sampai benar benar kering.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *