Black Sapote Buah Asal Meksiko Yang Katanya Rasa Puding

Black Sapote Buah Asal Meksiko Yang Katanya Rasa Puding

Namanya buah Black Sapote (Sawo Hitam) asal negara Meksiko yang merupakan bagian dari Amerika Utara.

Buah ini masih cukup langka keberadaanya di Indonesia, jadi bibitnya cukup mahal dibanding buah lain.

Saya beli bibit dari hasil cangkok susu dari pak Gatot Truelove dengan harga Rp. 250.000 cukup tinggi harganya, tapi sesuailah dengan kualitasnya.

Belakangan ini Black sapote ramai jadi bahan diskusi di beberapa grup Tabulampot/ jual beli bibit buah tentang rasanya, ada yang menyebut rasa black sapote seperti Mentega dan oli (maksudnya aneh berbeda dari ekspektasi yang digembar-gemborkan oleh para penjual bibit. Pada awal-awal kemunculan hampir hampir semua penjual mengatakan rasa si sawo hitam mirip puding.

Black Sapote Buah Asal Meksiko Yang Katanya Rasa Puding

Dan inilah sawo hitam panenan saya, gimana rasanya? Pendapat saya pribadi, cita-rasanya lebih mirip dengan alpukat mentega, sementara teksture lumayan miriplah dengan puding, sementara warnanya serupa coklat.

Jadi Black Sapote Buah Asal Meksiko Yang Katanya Rasa Puding apa benar? Bisa jadi benar, karena tergantung lidah yang mencicipi, percayakan pada lidah sendiri.

Bagi yang suka buah ini maknyus! Tapi ada juga lihat warna coklat gelapnya ogah mencicipi, kata anak muda zaman sekarang “gimana-gimana gitu…”

اَلْحَمْدُ لِلّهِ بِنِعْمَتِهِ تَتِمُّ الصّالِحَاتِ
Al Hamdulillah Bi Ni’matihi Tatimmush Shalihaat…

Leave a Comment

Your email address will not be published.