Kegigihan Semut Yang Menginspirasi Imam Tirmidzi

Sekitar 10 tahun lalu saya pernah cerita ini ke santri-santri saya ketika wiyata bhakti di pesantren, dimana cerita ini juga saya dapatkan dari ustadz Abu Umar Abdillah pimred majalah Ar-Risalaah sekitar 12-an tahun lalu. Beberapa kali saya tulis dalam blog, namun blog-blog itu semua sudah wafat karena sewa domain dan hosting tidak dilanjutkan.

Cerita ini selalu saya cengkramakan dengan setiap santri baru yang saya didik, baik di pesantren maupun di TPQ.

Sebuah kisah seru lagi inspiratif, kisah imam Tirmidzi penulis kitab Sunan At Tirmidzi dan seekor semut:

***

Suatu waktu ketika imam Tirmidzi rihlah (Perjalanan) mencari riwayat hadits di kota yang jauh. Dalam perjalanan itu, tiba-tiba beliau menghentikan langkah, matanya menjurus pada pemandangan yang menarik hati. Itu adalah semut, semut yang terengah-engah menggigit makanan sedang makanan itu lebih besar dari tubuhnya, betapa kuat makhluk Allah ini.

Tapi yang menarik saat itu bagi imam Tirmidzi bukan makanan tersebut. Melainkan… Sang semut menggigit makanan itu sembari memanjat dinding curam 90 derajat, beberapa kali beliau melihat semut jatuh, sementara makanan tetap digigit erat. Makhluq ini tetap bersemangat melewati diding curam  dan bersekaian kali pula dia terjatuh, tetap gigih memanjat diding tanpa melepas beban berat yang dibawanya, hingga akhirnya sang semut berhasil melewati peristiwa ini setelah berjuang keras penuh kesabaran.

Semut makhluk Allah yang kecil tersebut begitu menginspirasi imam Tirmidzi:

Bila semut saja bisa begitu gigih melewati dinding curam hanya demi makanan, mengapa aku tidak?

Demikian beliau memacu semangat, gigih dan penuh kesabaran mengarungi lembah dan gurun pasir untuk mencari hadits nabi, hingga dari semua itu tertulislah sebuah buku yang hingga akhir ini manjadi rujukan hadits umat islam. Sunan Tirmidzi termasuk salah satu dari kutubus sitta (Kitab hadits yang enam). Wallahu A’lam.

Kredit gambar: @tumbao1949

Kegigihan Semut Yang Menginspirasi Imam Tirmidzi

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top
0 Shares
Copy link
Powered by Social Snap