Makna Di Balik Sebuah Nama Hana Shofia

Sebagian besar pasangan suami istri ketika mengetahui bahwa mereka akan menjadi orangtua maka hal yang tak kalah penting untuk mereka persiapkan adalah nama untuk sang buah hati, setidaknya itulah yang kami alami pada saat memberikan nama Hana Shofia.

Mungkin bagi sebagian orang pemberian nama adalah hal yang sepele dengan berdalih “apalah arti sebuah nama?”, padahal dalam islam pemberian nama memiliki perhatian khusus hingga disebutkan dalam hadits:

ﺇِﻧَّﻜُﻢْ ﺗُﺪْﻋَﻮْﻥَ ﻳَﻮْﻡَ ﺍﻟْﻘِﻴَﺎﻣَﺔِ ﺑِﺄَﺳْﻤَﺎﺋِﻜُﻢْ ﻭَﺃَﺳْﻤَﺎﺀِ ﺁﺑَﺎﺋِﻜُﻢْ ﻓَﺄَﺣْﺴِﻨُﻮﺍ ﺃَﺳْﻤَﺎﺀَﻛُﻢْ

“Sesungguhnya kalian akan dipanggil pada hari kiamat dengan nama kalian dan nama bapak-bapak kalian. Maka baguskanlah nama-nama kalian” [HR. Abu Dawud & Al-Baihaqi, Sebagian ulama menilai sanadnya munqathi’, Sebagian menilai sanadnya jayyid]

Perintah memberi nama dengan nama yang bagus adalah bagus dari segi keislaman, bukan “bagus” dalam pandangan kebanyakan masyarakat yang hanya berpatok pada bagusnya nama tanpa mengandung arti yang baik, bahkan “bagus” yang mereka anggap hanya mengekor dari nama – nama artis ataupun yang lainnya.

Demikian pula Ibnul Qayyim menjelaskan pentingnya nama, beliau berkata,

ﺇﻥ ﺍﻟﺘﺴﻤﻴﺔ ﻟﻤﺎ ﻛﺎﻧﺖ ﺣﻘﻴﻘﺘﻬﺎ ﺗﻌﺮﻳﻒ ﺍﻟﺸﻲﺀ ﺍﻟﻤﺴﻤﻰ ﻷﻧﻪ ﺇﺫﺍ ﻭﺟﺪ ﻭﻫﻮ ﻣﺠﻬﻮﻝ ﺍﻻﺳﻢ ﻟﻢ ﻳﻜﻦ ﻟﻪ ﻣﺎ ﻳﻘﻊ ﺗﻌﺮﻳﻔﻪ ﺑﻪ

“Sesungguhnya pemberian nama pada hakikatnya berfungsi untuk menunjukkan definisi/identitas penyandang nama (yang diberi nama), karena jika ia didapati tanpa diketahui (tanpa nama), maka ia tidak bisa dikenali.” [Tuhfatul Maudud hal. 61, Dar Kutub Al-‘Ilmiyyah].

Saking pentingnya masalah pemberian nama ini hingga pepatah arab mengatakan :

لِكُلِّ مُسَمَّى مِنْ اِسْمِهِ نَصِيْبٌ

Setiap orang akan mendapatkan pengaruh dari nama yang diberikan padanya.

Hal ini menunjukkan bahwa nama yang disematkan akan memberikan efek ataupun pengaruh terhadap kepribadian sang anak. Demikian pula pemberian nama anak juga dapat membuat kita mengetahui bagaimana orangtuanya, seperti umumnya yang kita ketahui banyak para pecinta music memberikan nama anak dengan mengekor nama seorang penyayi ataupun musisi, para pecinta olahraga menamai anak mereka dengan nama nama atlet terkenal, dan sebagianya. Maka demikian pula, orang arab mengatakan :

مِنْ اِسْمِكَ أَعْرِفُ أَبَاكَ

Dari namamu, aku bisa mengetahui bagaimanakah ayahmu.

Maka hendaklah kita sebagai seorang muslim menunjukkan idestitas keislaman kita dengan memberikan nama yang baik dari segi keislaman pada buah hati kita.

Filosofi Hana Shofia

Dengan demikian, pemberian nama adalah hal penting yang kami perhatikan dalam memberikan nama pada buah hati kami. Nama yang kami sematkan ialah “HANA SHOFIA”. Hana, diambil dari Bahasa arab الهنأ yang berarti “kebahagiaan”, yang menjadi harapan kami kelak ia tumbuh menjadi pribadi yang bahagia lagi membahagiakan. Hana juga dalam Bahasa arab bermakna ها انا yang berfungsi sebagai kata tunjuk, artinya “inilah aku”. Lain lagi, dalam Bahasa jepang kata Hana bermakna “bunga”, dengan harapan ia memiliki karakter indah luar dalam bak bunga yang cantik rupanya dan harum wanginya. sedangkan dalam Bahasa korea Hana memiliki arti “satu”, ya karna ia adalah anak pertama. Di samping semua makna kata HANA dari berbagai Bahasa, Hana juga merupakan singkatan nama dari kedua orangtua nya yaitu HAmam dan muNA.

Selanjutnya, kata Shofia diambil dari Bahasa arab صافية  yang bermakna “jernih/murni”, dengan maksud kebahagiaan dan kecantikan yang ada padanya adalah murni karunia dari Allah, kebahagiaan yang murni bukan dibuat buat. Selanjutnya Shofia juga diambil dari nama salah seorang istri Rasulullah ﷺ yaitu Shafiyyah bintu Huyay, semoga kelak buah hati kami dapat meneladani kesholihah an sosok Sayyidatina Shafiyyah bintu huyay.

Hana Shofia

Dari makna makna tersebut di atas maka rangkaian makna dari nama yang kami sematkan pada buah hati kami ialah: inilah Shofia putri yang cantik paras dan perangainya, hadirnya membawa kebahagiaan yang murni putri pertama dari pasangan Hamam dan Muna”

Dari tulisan ini bunda dan babah ingin engkau tau nak bahwa namamu memiliki makna yang indah, bukan nama yang hanya sekedar menjiplak nama tetangga, ataupun meniru nama nama artis ternama, tetapi kami memberimu nama Hana Shofia dengan penuh cinta, ada do’a, harapan dan cita cita yang kami sematkan dalam rangkaian nama mu,

Dan semoga setelah membaca tulisan ini, kita tak lagi menganggap remeh nama seseorang, jangan pula memanggil dengan sebutan yang buruk atau panggilan yang tidak di ridhoi oleh si pemilik nama, dan jangan lagi berdalih dengan kalimat “apalah arti sebuah nama”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *