Rekomendasi Kuliner Sop Tunjang Dan Iga Terlezat di Indragiri Hulu Riau

Sop Tunjang adalah makanan khas pulau Sumatera yang wajib anda coba. Makanan ini berisi tulang sapi yang masih menyisakan sedikit daging, tulang lunak, dan otot-otot sapi dengan kuah mirip kuah bakso atau sop.

Karena sajian utamanya adalah tulang maka perlu kepiawain memasaknya, dan jika anda petualang kuliner perlu seleksi mencari warung makan/ restoran untuk bisa merasakan kenikmatan hakiki dari sop tunjang ini.

Saya punya pengalaman buruk makan sop tunjang, saat itu beli kesebuah warung makan yang memang menjual sop tunjang, tapi mungkin karena kokinya kurang handal daging-daging yang ada pada tulang sapi itu masih sangat keras jangankan untuk dikunyah, saya gigit saja sulit.

Akhirnya sejak itu saya skeptis dengan cita rasa sop tunjang, saya tidak pernah tertarik sekalipun diberi gratis.
Selain kepiawaian dalam mengolah daging dan tulang sapi, kehandalan dalam meramu kuah juga sangat penting banyak penjual gagal di bagian ini. Beberapa kali saya singgah makan, daging dan tulangnya sudah empuk, tetapi gagal dalam menyempurnakan hidangan dengan kuah yang lezat, akhirnya ya biasa saja, sop tunjang jadi menu yang tidak istimewa selain harganya lebih mahal.

Rekomendasi Kuliner Sop Tunjang Dan Iga Terlezat di Indragiri Hulu Riau

Pada postingan ini saya mau share spot warung sop tunjang langganan yang saya jamin kelezatannya. Tempat ini sudah jadi tempat favorite sejak almarhum bapak saya dan lanjut ke saya.

Warungnya tidak ada plang/ spanduk besar kecuali hanya 60×60 cm, tapi parkirnya selalu dipenuhi mobil. Warung ini memang cukup sederhana, areanya luas, bersih. Yang bikin laris tentu insyaallah bukan jin pesugihan ya. Melainkan memang sejak dulu masih kecil hingga sebesar sekarang (sudah berdiri belasan atau puluhan tahun), selalu terjaga kenikmatan hidangannya, resep kuahnya beda dari penjual lain. Sekali orang mampir nyicipi hidangan sop disini, dia akan repeat order karena rindu kelezatannya.

Lokasi

Meski memiliki banyak pelanggan orang baru akan sulit mencari, bukan tempatnya yang sulit dijangkau tapi karena warungnya tidak mencolok sebagai mana yang sudah saya sampaikan, plangnya saja Cuma 60×60 cm berbanding jauh daripada lokasi warungnya yang luas. Petualang kuliner mungkin tidak tertarik untuk mampir karena kalau sekilas melihat tidak menarik perhatian.

Warungnya terletak di kecamatan Lirik kabupaten Indragiri Hulu, Riau hanya 40-an meter dari lintas Timur. Kalau anda biasa lewat jalan lintas Sumatera ini, hendak ke Pekanbaru, Medan, Aceh atau ke arah Jambi, Palembang, Lampung atau ke pulau Jawa saya rekomendasikan untuk mampir.

Menu

Warung ini hanya menyediakan menu berbasis sup/ Sop, seperti sop tunjang sapi, sop iga sapi, sop daging sapi, sop ayam. Yang saya rekomendasikan hanya sop sapi ya, kenapa? Karena baik sapi atau ayam harganya sama. Jadi sop ayamnya meski juga lezat tapi not worth.

Harga

Harganya bervariasi dari Rp 33.000 sampai Rp 45.000 sudah termasuk nasi sepuasnya dan kacang goreng teri, sedangkan minuman Teh ES, Jeruk Es kisaran harga Rp 5.000 hingga Rp 10.000.

Setahu saya ini harga termurah dari semua penjual sop tunjang karena include nasi dan kacang goreng teri, tempat lain terutama di kota besar menu utama dan nasi harganya terpisah.

Biasanya saya dan istri plus anak usia 2 tahun makan kenyang disini habiskan Rp 80.000 – 90.000 lebih murah, puas dan mengenyangkan daripada di warung nasi padang yang bisa lebih dari Rp 100.000.

Jam Buka

Saya tidak tahu persis kapan mulai buka, anggaplah sekitar jam 09.00 WIB tutup biasanya sampai jam 16.00 bisa lebih cepat atau lebih lambat sedikit. Porsi yang dijual terbatas hingga sering kali sebelum jam 15:00 sup tunjang/ iga habis.
Jadi kalau anda kesini lebih baik sebelum dzuhur, jam 10 atau 11 pagi karena pengunjung tidak sebanyak siang hari, beberapa kali saya kesana pas jam instirahat kantor 1 atau 2 siang banjir pembeli.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda yang ingin cari tempat kuliner paling saya rekomendasikan, karena sejujurnya di Indragiri Hulu tidak banyak pilihan wisata kuliner, ada banyak tempat makan tapi hanya sedikit yang istimewa.

Rekomendasi Kuliner Sop Tunjang/ Iga Terlezat di Indragiri Hulu Riau
Rekomendasi Kuliner Sop Tunjang Dan Iga Terlezat di Indragiri Hulu Riau

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top
0 Shares
Copy link
Powered by Social Snap