Review Hosting GCP (Google Cloud Platform) SamiHost

Untuk bikin sebuah website personal/ trafik yang tidak terlalu tinggi (ribuan visitor per hari), hosting adalah pilihan paling tepat, karena ya lebih terjangkau dibandingkan VPS. Pasar hosting sekarang pun sudah sangat kompetitif, para provider mengiming-imingi berbagai fitur yang menggiurkan, contoh Brand besar perusahaan hosting, Unlimited Space, hardisk sudah pakai NVME, spesifikasi hardware yang gahar dan lainnya.

Saya dan pemilik website lainnya yang konsen terhadap teknologi server pasti punya pengalaman dalam pilih memilih hosting, tidak semua iming-iming menggiurkan kita sekalipun promonya kelihatan “WOW”. Pengalaman pertama saya beli “Masterweb” adalah pilihan terburuk yang pernah saya beli, sejak itu saya ogah beli hosting dari brand besar, lebih baik beli dari provider menengah yang cukup mapan (punya pengalaman dan sudah eksis beberapa tahun).

Ada beberapa nama penyedia hosting yang sudah saya jajal, seperti WarnaHost (salah satu yang terbaik menurut saya sampai saat ini), Dhyhost, NiagaHoster, Riaucybersolution.net, Sulissoft (Salah satu yang terbaik dan terjangkau) dan terakhir SamiHost yang akan saya ulas dalam artikel “Review Hosting GCP (Google Cloud Platform) SamiHost

SamiHost bukanlah nama besar atau juga bukan termasuk provider menengah, baru hadir beberapa tahun belakang ini, tapi penawaran yang diberikan sangat menarik minat saya. Kenapa? Karena mempromosikan Google Cloud Platform sebagai Server hostingnya, lebih menariknya GCP berlokasi di Indonesia.

Google adalah nama besar, dan web mereka tidak pernah lambat dimanapun aksesnya. Dari sini mindset saya, jika mereka membangun datacenter tentu kualitas server mereka akan terbaik. Saya beberapa kali beli hosting yang berlokasi IIX tidak pernah ada yang bagus (subjektif), itu alasannya selalu pilih server Singapura. Jadi ketertarikan terhadap produk GCP sangat kuat, apakah memang hebat & kencang?

Selain itu saya baca juga hal lain yang ditawarkan dalam forum DiskusiWebHosting tempat SamiHost mengiklankan, berupa spefifikasi yang gahar.

Review Hosting GCP (Google Cloud Platform) SamiHost
Review Hosting GCP (Google Cloud Platform) SamiHost

Harga diatas jika dikomparasi dengan spesifikasinya terlalu worth it, terlebih lagi GCP bagi saya ini adalah Best Deal yang wajib dibeli bagi kamu baik pemula mapun expert.

Pengalaman saya menggunakan GCP lebih bagus dari pengalaman server lainnya (GCP vs non GCP), samihost bukan satu-satunya penjual hosting GCP, tapi harga yang mereka tawarkan paling terjangkau.

3 thoughts on “Review Hosting GCP (Google Cloud Platform) SamiHost”

  1. Review yang menarik, mas. Samihost termasuk provider web hosting dengan inovasi baru sepertinya karena menjual GCP untuk shared hosting dengan harga shared hosting. GCP Jakarta pula ya, bukan hanya yang Singapura.. Sebenarnya ada juga Webnesia tapi dia harganya lebih mahal kecuali kalau lagi diskon dengan kuota terbatas.

    Saya tahu tak ada layanan yang sempurna, tapi saya pikir produk Google dalam hal ini GCP biasanya punya kelebihan tersendiri. Mungkin contoh yang paling jelas ya Blogger yang berjalan di atas GCP, sangat bisa diandalkan.

    Karena itu saya penasaran: (1) Bagaimana dengan skor GTMetrix dan Pagesepeed Insightnya apa ada perbedaan cukup signifikan dibanding non GCP? (2) Bagaimana dengan uptimenya? Apa juga beda signifikan?

    1. Kalau pengalaman saya menggunakan server Jakarta (terjeda 2-3 tahun) tidak pernah ada yang bagus. Contohnya ketika web harus terhubung dengan layanan luar negeri, sering terjadi error, jauh kalau dibanding dengan hosting SG.

      Tapi begitu nyobain pertama kali GCP, kenceng banget, dan ga ada kendala sama-sekali saat harus terhubung dengan layanan yang berserver luar negeri.

      Soal kecepatan kurang lebih sama dengan hosting SG seperti Linode atau bisa jadi lebih baik. GCP menurut saya paling rekomended untuk hosting Indonesia.

      GMetrix saya belum nyobain server Indonesia yang lain. GCP vs Linode kurang lebih sama dalam hal skor.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *