Rihlah Ke Dataran Tertinggi Se Jawa, Dieng

Al hamdulillah setelah melewati masa sulit ikhtibar di Ma’had Aly Abu Bakar Ash Shiddiq, BEM dan asatidz bersepakat untuk melakukan ritual rutin. Apalagi kalau bukan rihlah melepas penat.

Tulisan ini merangkum memoar kelulusan saya sebagai D2 bahasa arab di tahun 2018, adalah waktu dimana kami 1 kampus rihlah (Refreshing/ Jalan-jalan) ke Dieng. Ini perjalanan saya kedua kalinya setelah 7 tahun lalu, dalam rangkaian acara pra kelulusan pondok pesantren Al Muttaqin mengutus para santrinya ke berbagai daerah, dan saya kebagian praktek Da’wah di Pejawaran kabupaten Banjarnegara bersama 6 teman lainnya. Dan tepat hari terakhir kami diajak jalan jalan oleh ustadz Ja’far senior kami di ponpes Al Muttaqin ke Dieng.

Dieng selalu istimewa, banyak sekali wisata alam yang siap di eksplore. Kawah, Danau tiga warna, bioskop sejarah Dieng dan lainnya. Lebih lebih tahun saya menulis ini 2021, kesadaran pemerintah terhadap sektor wisata begitu luar biasa.

Tapi di tulisan ini bukan tujuan saya bukan untuk mengulas, hanya untuk membagikan foto kebersamaan kami di Dieng pada Februari 2018.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *