Menguatkan Sinyal 4G Dengan Antena Yagi Grid

Sharing Antena Penguat Sinyal 4G Dengan Yagi Grid

Ini adalah antena penangkap sinyal 2G & 4G di pasaran dikenal dengan nama Yagi Grid.
Antena penangkap sinyal sendiri ada banyak jenis dan variasi harga. Tapi untuk cari yang cukup murah dan berkwalitas ya pilih yang Yagi Grid.

Kelebihan antena Yagi Grid bisa menjangkau signal dari BTS sejauh 30 KM, jadi bila daerah anda minim atau bahkan tidak ada sama sekali anda masih punya harapan apabila ada BTS terdekat maksimal sejauh 30 KM.

Paparan diatas baru teori yang berasal dapat dari beberapa sumber ya, kenyataannya BTS terdekat rumah saya cuma sekitar 5 KM.

Susah Sinyal, Antena Outdoor Solusinya

Berawal dari masalah yang bikin pening ketika posisi di sekitar liar rumah, susah sinyal bikin internet lelet, 4G cuma bisa 1 bar itu pun kadang ada kadang pergi diganti E (edge). 

Apalagi  bila di dalam rumah, sinyal bakal lebih tenggelam. Sebelumnya sudah saya ceritakan di artikel lain bahwa saya punya Mifi Huawei E5785 sebagai alat berinternet di dalam rumah dengan teknologi cat 6, kemudian coba upgrade ke modem yang lebih canggih karena saya pikir dengan beli modem dengan teknologi yang lebih mumpuni (saya beli Orbit Max B818 263 dengan teknologi cat 19)  bakal jauh lebih cepat saat berinternet di dalam rumah. Nyatanya cuma ada sedikit progres.

Setelah tanya bertanya ke grup Orbit Indonesia di Facebook ada saran untuk beli antena persis yang sudah saya tulis di prolog.

Saya coba searching penjual Yagi Grid ternyata mudah dijumpai di E-Commerce seperti Tokopedia atau Shopee, harganya kisaran 200 rb- 300 rb tidak jauh selisihnya antar satu seller dengan seller lain. Perbedaannya cuma pada berapa panjang kabel yang dibutuhkan sesuai lokasi kita, supaya optimal penangkapan sinyalnya lebih baik maksimal sepanjang 20-25 meter ya. Rekomendasi dari seller tempat saya beli, lebih dari 25 meter bikin sinyal tidak stabil.

Lantas apa ada dampak nyata dari instalasi Antena Yagi Grid ini? Iya sangat cepat! Secepat apa? Biar gambar yang bicara:
Capture pertama Orbit Max tanpa colok antena.

Sharing Antena Penguat Sinyal 4G Dengan Yagi Grid

Capture kedua, Orbit Max dengan Grid Yagi.

Sharing Antena Penguat Sinyal 4G Dengan Yagi Grid

Dan speed test diatas adalah hasil test via wifi ya, kalau lewat kabel LAN harusnya lebih jos lagi. Semoga tulisan Sharing Antena Penguat Sinyal 4G Dengan Yagi Grid ini bermanfaat bagi siapapun yang membutuhkan. Silahkan tinggalkan komentar jika ada pertanyaan.

Tentang review penggunaan Orbit Max sudah saya tulis di artikel ini: Sharing Berinternet Dengan Modem WIFI Orbit Max

Leave a Comment

Your email address will not be published.