Sharing Berinternet Dengan Modem WIFI Orbit Max

Tempat tinggal saya mengalami kendala lemahnya signal, di zaman yang banyak bergantung kebutuhan internet maka ini adalah masalah yang cukup urgen.

Tarlebih, rumah kami bertembok semen padang 😀 jaringan internet makin sulit dinikmati dari dalam rumah. 

Solusi yang beberapa tahun yang saya jalani adalah membeli Mifi (mobile Wifi). Saya membeli Mifi Huawei E5785 Cat 6, ini lebih lebih baik daripada kecepatan internet di smartphone saya dengan catatan Mifi Huawei ini saya letakkan pada tempat yang paling depan/ belakang rumah dimana semakin sedikit sekat diding semakin baik pula penerimaan signalnya.

Setelah kian lama menikmati koneksi cukup, akhirnya ketemu better solution dan lebih murah. Apa itu? Orbit! Kalau anda belum tahu apa itu orbit, akan saya jelaskan sedikit sisanya bisa di kulik lebih dalam melalui youtube.

Orbit adalah layanan internet milik Telkomsel berupa modem dan paket internet murah sebagai solusi bagi pengguna yang daerahnya belum dijangkau internet kabel seperti Indihome dkk. Sistemnya sama dengan layanan internet pada hp kita, orbit juga pakai kartu sim, mudahnya orbit adalah salah satu dari beberapa jenis kartu telkomsel seperti Simpati, As, Loop, By U dan Orbit.

Rumah saya lumayan jauh dari jaringan fiber optik jadi satu-satunya solusi ya LTE, Telkomsel menawarkan paket yang paling murah daripada paket internet yang ditawarkan rival bisnis mereka. Terkhusus kalau anda konsumen dari luar pulau Jawa.

Sayang, satu-satunya cara agar kita bisa menikmati layanan internet murah besutan telkomsel ini hanya bisa melalui Modem Orbit (out of the box)/ modem lainnya (pakai trik ganti imei). Paket internet tidak bisa aktif bila kartunya tertanam di smartphone.

Orbit ada beberapa varian, termurah ada Star Lite sekitar 500 ribuan, Star 2 (cat 4) 700 ribuan, Orbit Pro (cat 6) 1.2 jutaan dan terakhir paling gahar adalah Orbit Max B818-263 (cat19) 2.5 jutaan. Baru-baru ini muncul Orbit Turbo (ZTE) dan Ultra (Huawei) dengan koneksi 5G dikisaran harga 6 – 7 juta.

Saya awalnya ingin meminang Star 2, tapi karena pertimbangan Orbit 2 hanya 4 cat artinya tidak ada 4G+, disisi lain sebelumnya Mifi Huawei saya sudah Cat 6, tidak mungkinkan saya downgrade jika bertekad menambah kecepatan internet di rumah? Maka terpilihlah si Max varian tertinggi orbit yang keberadaannya super langka sejak stok di web atau official marketplace store mereka kosong, saya dapat  pun second hand lagi-lagi hukum pasar berlaku:

  “Ketika permintaan tinggi dan penawaran rendah, harga-harga naik.”

Pasca si Max tidak diproduksi lagi justru semakin ramai dibicarakan/ diulas, peminatnya tetap tinggi, sehingga dulu harga barunya 2.3 – 2.5 juta, sekarang bahkan harga bekasnya tembus 3 juta lebih! Alhamdulillah saya dapat harga 2.85 juta, tidak murah tapi sepadanlah dapat modem yang berteknologi 19 Cat ini.

Terus apa sejak pakai si Max ini internet jadi lebih maknyus? Lebih baik iya, tapi tidak terlalu siginfikan, saya sudah memperkirakan kondisi tersebut. Di dalam ruang kerja yang semua area dikelilingi tembok semen padang nyaris si Max kurang mendapatkan asupan signal yang cukup, hasil speedtest hanya mampu 1-3 Mbps.

Kecewa? Tidak! Sekali lagi ini sesuai prediksi saya, saya sudah siapkan solusi berikutnya yaitu pakai antena eksternal sesuai saran kawan-kawan Komunitas Orbit Indonesia di Facebook. Namanya antena “Grid”

Sejak pakai antena eksternal kecepatan modem ini sangat memuaskan, potensinya terlihat menjanjikan meski tidak menang telak dibanding si cat 6. Tergantung lokasi dimana antena saya letakkan, malah di beberapa titik hasil Huawei E5785 lebih baik dari Orbit Max B818-263.

Sharing Berinternet Dengan Modem WIFI Orbit Max

Terlepas dari hasil, pembelian modem ini bagi saya adalah investasi yang cukup bagus.

Ada 2 hal yang saya sukai dari modem wifi ini. Pertama: yaitu jangkauan wifinya lebih luas pada frekwensi 5Ghz. Perangkat E5785 frekwensi 5Ghz hanya mengcover area sekitar 3 meter, sedangkan Orbit Max B818-263 bisa sampai 10 Meter atau lebih, perangkat ini juga bisa otomatis memilih frekwensi 2,4 Ghz atau 5 Ghz. Kedua: Tidak perlu khawatir tentang baterai yang menggelembung lantaran terus dicolok ke listrik :D, saya paling males pasang copot charger.

Saya telah membuat tulisan lain tentang penggunaan Antena Yagi Grid, silahkan buka pada link ini: Sharing Antena Penguat Sinyal 4G Dengan Yagi Grid

Semoga artikel Sharing Berinternet Dengan Modem WIFI Orbit Max ini bermanfaat bagi siapa yang membutuhkan.

Sharing Berinternet Dengan Modem WIFI Orbit Max

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top
0 Shares
Copy link
Powered by Social Snap